DETEKSI CEMARAN GEN BABI PADA PRODUK BAKSO SAPI KEMASAN DI KOTA PADANG MENGGUNAKAN METODE PCR (Polymerase Chain Reaction)

  • Irwandi Irwandi Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Yayasan Perintis Padang
  • Epri Supri Wardi Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Yayasan Perintis Padang
  • Sentisan Dova Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Yayasan Perintis Padang
Keywords: Bakso, DNA, PCR (Polymerase Chain Reaction), Primer

Abstract

ABSTRAK

Produk makanan dengan bahan dasar daging beresiko terhadap pencampuran dengan daging lain, dimana pencampuran tersebut sulit untuk dideteksi dengan mata. Tujuan penelitian ini untuk mendeteksi cemaran daging babi yang ada dalam produk bakso sapi kemasan. Sampel diambil secara acak dari salah satu mall
yang ada dikota Padang yaitu mall X di Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat. Dari beberapa merk diambil 3 merk produk bakso sapi kemasan yang diberi kode sampel A, sampel B, dan sampel C. Ketiga sampel tersebut dianalisa menggunakan teknik PCR (Polymerase Chain Reaction) dan dilakukan verifikasi hasil elektroforesis produk PCR sampel dengan metode sekuensing. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa sampel B dan C terdeteksi positif  mengandung DNA babi, dilihat dari hasil PCR dan elektroforesis dimana terdapat pita dengan ukuran 130 bp. Sampel B yang positif mengandung DNA babi diverifikasi dengan metode sekuensing. Hasil sekuensing menunjukan bahwa pita yang terbentuk dari produk PCR dengan primer pork memiliki kemiripan 100% dengan spesies Susscrofa (babi hutan).

Author Biographies

Irwandi Irwandi, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Yayasan Perintis Padang

Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Yayasan Perintis Padang

Epri Supri Wardi, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Yayasan Perintis Padang

Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Yayasan Perintis Padang

Sentisan Dova, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Yayasan Perintis Padang

Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Yayasan Perintis Padang

Published
2020-09-28